Biografi Roman Witold Ingarden

Baca Juga


Biografi Roman Witold Ingarden - Indonesiaku hallo sobat blogger sekalian berjumpa lagi dengan admin, sebelumnya saya sudah membagikan artikel tentang Pengertian Kata Konkret dan Contoh Puisi Kata Konkret pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah pengetahuan tentang biografi seorang sastrawan yaitu Biografi Roman Witold Ingarden yang merupakan pencetus teori analisis Roman Ingarden. Baiklah langsung saja kita simak bersama-sama

Roman Witold Ingarden lahir pada 5 Februari 1893 di Krakow. Ingarden adalah fenomenolog realis, dia tidak menerima idealisme transendental Husserl. Ingarden adalah salah satu yang paling terkenal dengan ontologists fenomenologisnya, karena ia berusaha untuk menggambarkan struktur ontologis dan negara menjadi berbagai objek didasarkan pada fitur penting dari setiap pengalaman yang bisa memberikan pengetahuan tersebut.

Awalnya dia belajar matematika dan filosofi di Lvóv, dan pada 1912 pergi ke Gottingen untuk belajar Filsafat pada Edmund Husserl. Husserl menganggap Ingarden salah seorang muridnya yang terbaik, dan keduanya tetap berhubungan erat sampai kematian Husserl pada tahun 1938. Ketika Husserl menerima jabatan di Freiburg, Ingarden mengikutinya, mengirimkan disertasinya "Intuition und Intellekt bei Henri Bergson" pada tahun 1917, di mana dia menerima gelar Ph.D. pada tahun 1918, dengan Husserl sebagai direktur.

Setelah mengirimkan disertasinya, Ingarden kembali ke Polandia untuk sisa karir akademisnya. Pertama dia mengajar Matematika, Psikologi dan Filsafat di sekolah menengah. Ingarden direkomendasikan sebagai Essentiale Fragen tahun 1925 dan menarik perhatian dalam dunia filsafat berbahasa Inggris. Dengan penerbitan Habilitationschrift-nya, Ingarden diangkat sebagai Privatdozent Universitas Jan Kazimierz di Lvov. Dimana ia dipromosikan menjadi Profesor pada 1933. Karyanya yang paling terkenal adalah “The Literaty Work of Art”yang pertama kali diterbitkan (1931, dalam bahasa Jerman), diikuti oleh “Cognition of the Literaty work” (1936, dalam bahasa Polandia). Karir akademiknya diputus dari 1941-1944, ketika universitas ditutup karena perang, dan diam-diam dia mengajar filsafat di universitas sertamengajar matematika kepada anak-anak sekolah menengah di sebuah panti asuhan. Pada tahun 1945 ia pindah ke Universitas Jagellonian di Krakóv.Setelah pensiun tahun 1963, ia terus menulis, menerbitkan karya seperti The Ontology of the Work of Art” (1962) dan Experience, Artwork and Value (1969). Ingarden meninggal mendadak karena pendarahan otak pada tanggal 14 Juni 1970.

Demikian Biografi Roman Witold Ingarden semoga bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada yang ingin ditanyakan dan request pengetahuan lainnya silakan tulis di kolom komentar. Sekian terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Biografi Roman Witold Ingarden"

Post a Comment