Contoh Paragraf Laporan Perjalanan

Advertisement

Contoh Paragraf Laporan Perjalanan - Indonesiaku Hallo sobat blogger berjumpa lagi dengan saya. Sebelumnya saya telah membagikan artikel tentang Biografi Roman Witold Ingarden, sekarang saya akan membagikan artikel tentang Contoh dari Paragraf Laporan Perjalanan. Baiklah langsung saja disimak.

HariPertama
(Keberangkatan rombongan SMP 1 Wonosobo)

Jum’at, 13 April 2012
Pada pagi hari rombongan SMP 1 Wonosobo berkumpul pada halaman sekolah guna bersiap – siap untuk melaksanakan study tour ke Bali. Rombongan SMP 1 Wonosobo terdiri dari ±200 siswa dan 16 guru pendamping. Rombongan dibagi menjadi 4 bus. Bus parkir di halaman Masjid Jami’ yang tidak jauh dari SMP kami. Pukul 07.30 peserta study tour mendatangi bus untuk memasukkan barang bawaan ke bagasi bus dan bersiap karena bus akan segera berangkat. Perjalanan menuju Bali dimulai sekitar pukul 08.00. Didalam bus kami sangat menikmati perjalanan dengan bernyanyi, bercanda, dll. Setiap bus terdapat dua orang pemandu wisata dari perjalanan. Setelah berada di dalam bus selama kira-kira 5 jam rombongan berhenti di rumah makan Taman Sari, Solo untuk makan dan istirahat, perjalanan terpaksa ditunda karena ada teman kami yang sakit dan harus dibawa ke Rumah Sakit. Kira-kira sekitar pukul 16.00 perjalanan dilanjutkan kembali dan sampai di rumah makan yang ada di daerah Madiun pada pukul 19.30, disana kami beristirahat sekitar ± 1 jam. Setelah semua siswa memasukki kedalam bus, rombongan pun melanjutkan perjalanan tetapi tidak lama kemudian bus terjebak kemacetan  yang diakibatkan truk pertamina terguling.
---------

Hari Kedua

Setelah terjebak macet selama 6 jam, rombongan pun tiba di Nganjuk dan berhenti di salah satu masjid di Nganjuk untuk beristirahat dan melaksanakan ibadah sholat subuh bagi yang beragama islam. Perjalanan dilanjutkan menuju rumah makan yang ada di daerah JaTim, setelah makan rombongan pun berangkat lagi melewati jalur Pantura yang berada di kota Banyuwangi. Di jalur Pantura kami melihat pemandangan yang sangat indah. Setelah melewati jalur Pantura, akhirnya kami sampai di Pelabuhan Ketapang. Langsung menuju kapal yang telah bersandar di pelabuhan. Disana kami melihat orang – orang yang berenang untuk meminta uang receh pada penumpang yang ada di kapal. Perjalanan dari pelabuhan Ketapang sampai pelabuhan Gili manuk memakan waktu sekitar 1 jam Rombongan sampai di pelabuhan Gili Manuk padapukul 19.00 WITA. Perjalanan dari Gili Manuk ke Hotel yang akan ditinggali oleh rombongan memakan waktu cukup lama(sekitar 4 jam) dan menempuh perjalanan malam. Dalam pejalanan menuju hotel kami diberi makanan nasi bungkus untuk makan malam. Setibanya di Hotel Made (nama hotel yang ditinggali peserta study tour) pada jam 23.00 WITA, peserta dibagikan kunci kamar yang ditinggali 4 orang/kamar.
----------

Hari Ketiga
Walaupun dalam perjalanan terjebak macet dan rombongan tiba tidak sesuai jadwal yang ditentukan para peserta pun masih tetaps emangat melanjutkan study tour ini. Pada Minggu, 15 April 2012 di pagi hari. Rombongan SMP 1 Wonosobo bersiap-siap untuk menuju ke objek-objek wisata setelah sebelumnya telah sarapan terlebih dahulu di Hotel. Objek pertama yang dikunjungi ialah Jambe Budaya, disana kami melihat tarian khas Bali yaitu Barong dan Keris  selama ± 1 jam. Setelah pertunjukan selesai rombongan bergegas menuju Pantai Sanur dan tiba sekitar pukul 11.30 WITA, di pantai tersebut kami diberi waktu hanya 30 menit saja karena kemaren bus tidak dating sesuai jadwal, disana kami hanya sekadar bermain dengan pasir/hanya foto-foto saja. Setelah dari Sanur rombongan melanjutkan perjalanan ke Museum Bajera sandhi yang terletak di lapangan tempat dimana telah terjadi perang puputan. Museum tersebut berisi diorama perkembangan rakyat Bali sejak ratusan tahun yang lalu dan terdapat keterangan dalam bahasa Bali, Indonesia, dan Inggris. Setelah itu kami menuju Kampung Kuta untuk makan siang dan berbelanja. Sekitar pukul 14.30 WITA,  rombongan menuju Pantai Kuta menggunakan shuttle (angkot) adar praktis. Di pantai Bulan Sabit tersebut, kami menyempatkan diri berenang dan berfoto. Setelah puas di Kuta, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Pantai Tanjung Benoa untuk sekadar naik boat dan menikmati angin sore hari dan sebagian peserta ada yang mengunjungi pulau penyu. Untuk sampai di pulau penyu kami harus membayar ongkos perahu sebesar Rp 40.000,- per orang  . perjalanan dilanjutkan ke lokasi garuda wisnu kencana. Malam harinya, rombongan menuju ke kompleks Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK), disana kami menonton tarian kecak. Setelah itu kami mengunjungi patung garuda wisnu kencana dan patung  wisnu. Disana sebagian peserta  berdoa di sebelah patungWisnu. Disebutkan bahwa kelak  GWK akan menjadi patung terbesar di Dunia. Sekitar pukul 20.30 WITA rombongan menuju Yamuna untuk makan malam dan membeli oleh-oleh. Pukul 21.15 WITA, kami kembali ke Hotel untuk beristirahat. 
---------
Hari Keempat

Senin, 16 April 2012 , rombongan sudah selesai sarapan dan bersiap untuk menuju SMP 1 & 4 Denpasar dimana dari 4 bis dibagi menjadi 2, bis 1 dan 2 di SMP 1 Denpasar sedangkan Bis 3 dan 4 Di SMP 4 Denpasar. Di kedua sekolah rombongan SMP 1 Wonosobo mengikuti upacara penyambutan. Lalu rombongan SMP 1 Wonosobo disambut dengan Tarian Khas, Paduan Suara, Gamelan, dll. Sementara SMP 1 Wonosobo menyajikan tarian khas Wonosobo yaituMenak – Menik & Sindung Lengger. Kepala sekolah dari SMP 1 dan 4 Denpasar berpidato, begitu pula sebaliknya, perwakilan dari SMP 1 Wonosobo juga berpidato Pukul 13.00 WITA .Selesainya upacara penyambutan rombongan dari SMP 1 Wonosobo mengamati keadaan di kedua sekolah tersebut. Rombongan berpamitan dan melanjutkan perjalanan menuju rumah makan untuk makan siang. Setelah makan siang, kami bergegas menuju Sangeh tempat persinggahan para monyet. Kami berfoto – foto dengan monyet yang ada disana. Setelah puas berfoto dengan saudara (monyet) hehe, kami melanjutkan perjalanan menuju Joger, Luwus, Bali untuk berbelanja disana. Joger merupakan  sebuah toko pakaian dan pernak-pernik yang lucu dan unik. Pukul 16.30 WITA rombongan menuju danau di Bedugul dataran tinggi daerah Bedugul. Kami hanya melihat-lihat dan berfoto sebentar, karena kami hanya diberi waktu 30 menit. Pukul 18.30 WITA rombongan perjalanan ke Gilimanuk untuk menyeberang ke pulau jawa.
 ---------
Hari Kelima

Akhirnya pada hari kelima ini sampailah kita di kota Mojokerto pada waktu subuh. Pada pagi hari, sang supir memberhentikan bus di sebuah masjid. Setelah itu, kami barsama-sama pak supir melanjutkan perjalanan untuk pulang ke kota tercinta, yaitu Wonosobo. Waktu di Nganjuk, kami bersama rombongan berhenti di rumah makan untuk makan pagi menjelang  siang. Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan pulang. Saat  perjalanan keempat bus berpencar melewati jalan yang berbeda akan tetapi tetap untuk tujuan yang sama untuk pulang ke kota asal, yaitu Wonosobo. Pada akhirnya sekitar pukul 5 sore kami serombongan telah sampai di kota Wonosobo dan para orang tua sudah menjemput kami  untuk kembali kerumah masing-masing. 
-----------

Demikian artikel Contoh Paragraf Laporan Perjalanan semoga bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada pertanyaan silakan komentar di kolom komentar. Terima kasih
Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
author-photo Kang Didin

Saya hanyalah orang biasa yang menyukai blogging dan mencoba berbagi pengalaman dengan yang lain tentang blogging dan SEO. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
0 Blogger Comment
Facebook Comments
Terima kasih sudah berkomentar
Copyright © 2013. Wadahe Bahasa Indonesia - All Rights Reserved | Created by Kompi Ajaib Published by Ngonline06