Contoh Berpikir Kritis pada Artikel Berita Surat Kabar

Baca Juga

Contoh Berpikir Kritis pada Artikel Berita Surat Kabar - Indonesiaku Halo sobat blogger berjumpa lagi dengan saya. Kali ini kita belajar tentang contoh berpikir kritis, kali ini saya memberi contoh berpikir kritis pada sebuah artikel berita surat kabar. Artikel ini merupakan tugas saya ketika masih duduk di bangku kuliah dulu. Baiklah langsung saja kita belajar bersama-sama.

Contoh Berpikir Kritis pada Artikel Berita Surat Kabar
Contoh Berpikir Kritis pada Artikel Berita Surat Kabar
Judul Artikel: MA Putuskan Kasus Cebongan dengan Peradilan Militer
Sumber : Suara Merdeka
Terbit : sabtu, 20 April 2013

Paragraf 1
Berhubungan antara cebongan dan peradilan
Paragraf 2
Kekeliruan persidangan dan kepatuhan pada UU yang berlaku
Paragraf 3
Sidang tidak sesuai UU maka putusannya bisa batal
Paragraf 4
Keputusan persidangan terbuka dan tertutup
Paragraf 5
Ujaran ketentuan peradilan
Paragraf 6
Pengadilan pasti terbuka kata hatta
Paragraf 7
Ketentuan sidang terbuka berlaku untuk semua dan tidak ada alas an kalau persidangan militer tertutup

Kutipan
“politik tidak bisa memaksa agar kasus cebongan dilakukan dengan peradilan umum tapi harus secara peradilan militer”, begitu kata Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali. Selain itu Hatta juga menegaskan bahwa menyidangkan 11 anggota kopassus diluar pengadilan umum adalah hal keliru. Hal itu tidak akan dapat dilakukan atau dijalankan dan MA harus patuh pada Undang-undang yang berlaku.
Penyidangan 11 anggota kopassus yang menjadi pelaku penyerangan di lapas cebongan akan dilaksanakan secara terbuka. Bahwa pelanggaran yang dilakukan 11 anggota kopassus itu bukan termasuk kategori pelanggaran etik  yang harus disidangkan secara tertutup.
Persidangan akan tetap dilaksanakan secara terbuka sesuai ketentuan sidang terbuka yang berlaku untuk semua jenis perkara termasuk militer. Tidak terdapat cukup alas an untuk menyatakan persidangan militer tertutup.

Demikian artikel Contoh Berpikir Kritis pada Artikel Berita Surat Kabar bila ada yang ingin ditanyakan silakan komentar di kolom komentar di bawah artikel ini atau menghubungi saya dengan membuka menu contact us. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Sekian terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Contoh Berpikir Kritis pada Artikel Berita Surat Kabar"

Post a Comment