Jenis Drama Berdasarkan Ada atau Tidaknya Naskah

Baca Juga

Jenis Drama Berdasarkan Ada atau Tidaknya Naskah – Indonesiaku Hello sobat blogger berjumpa lagi dengan saya. Sebelumnya saya telah membagikan sebuah artikel tentang jenis-jenis drama berdasarkan sarana. Untuk kali ini saya akan membahas lanjutan dari jenis-jenis drama yaitu jenis drama berdasarkan ada atau tidaknya naskah.
 
Jenis Drama Berdasarkan Ada atau Tidaknya Naskah
Ada atau Tidaknya Naskah
Jenis-jenis drama dapat diklasifikasikan menjadi tiga bagian yaitu 1) Berdasarkan penyajian lakon 2) Berdasarkan sarana dan 3) Berdasarkan ada atau tidaknya naskah. Untuk pertemuan kali ini saya akan membahas yang terakhir yaitu jenis drama berdasarkan ada atau tidaknya naskah.

JENIS DRAMA BERDASARKAN ADA ATAU TIDAKNYA NASKAH

Pada jenis drama yang  pertama ini diklasifikasikan lagi menjadi enam bagian di antaranya 1) drama tradisional dan 2) drama modern

1) drama tradisional

Drama tradisional adalah tontonan drama yang tidak menggunakan naskah. Kalaupun ada naskah, biasanya hanya berupa kerangka cerita dan beberapa cacatan yang perlu diperhatikan berkaitan dengan aktor dan pementasan. Watak tokoh, gerak-gerik, dialog diserahkan kepada pemain. Yang ditentukan hanya kerangka dasar ceritanya.

2) drama modern

Drama modern menggunakan naskah. Naskah ditulis secara lengkap: dialog, gerak-gerik tokoh, perwatakan. Semua sudah diatur. Aktor harus menghafalkan dialog. Aktor dituntut bisa memerankan dengan baik peran dalam naskah tersebut.


Demikian artikel Jenis Drama Berdasarkan Ada atau Tidaknya Naskah. Semoga bermanfaat bagi kita semua, apabila ada yang ingin ditanyakan dan ada tambahan silakan berkomentar di kolom komentar di bawah. Untuk jenis-jenis drama masih ada penggolongan yang lainnya saya akan bahas pada artikel yang akan dating. Sekian terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jenis Drama Berdasarkan Ada atau Tidaknya Naskah"

Post a Comment