Jenis Drama Berdasarkan Sarana

Baca Juga

Jenis Drama Berdasarkan Sarana – Indonesiaku Hello sobat blogger berjumpa lagi dengan saya. Sebelumnya saya telah membagikan sebuah artikel tentang jenis-jenis drama berdasarkan penyajian lakon. Untuk kali ini saya akan membahas lanjutan dari jenis-jenis drama yaitu jenis drama berdasarkan sarana.
 
Jenis Drama Berdasarkan Sarana
Sarana Panggung
Jenis-jenis drama dapat diklasifikasikan menjadi tiga bagian yaitu 1) Berdasarkan penyajian lakon 2) Berdasarkan sarana dan 3) Berdasarkan ada atau tidaknya naskah. Untuk pertemuan kali ini saya akan membahas yang kedua yaitu jenis drama berdasarkan sarana.

JENIS DRAMA BERDASARKAN SARANA

Pada jenis drama yang  pertama ini diklasifikasikan lagi menjadi enam bagian di antaranya 1) drama panggung 2) drama radio 3) drama televisi 4) drama film 5) drama wayang dan 6) drama boneka

1) drama panggung

Dimainkan oleh aktor di atas panggung pertunjukkan. Penonton berada si sekitar panggung, dapat mendengar dialog scr langsung, melihat akting, atau berinteraksi langsung dengan pemain.

2) drama radio

Drama yang biasa disajikan atau dimainkan di radio-radio. Akting tidak dapat dilihat, hanyadialog-dialog tokoh yang terdengar. Lebih menekankan pada kematangan dialog, bukan akting.

3) drama televisi

Drama yang dimainkan atau ditayangkan melalui media televisi. Drama ini bisa ditayangkan secara live atau hasil rekaman.

4) drama film

Drama jenis ini hampir sama dengan drama televisi. Bedanya drama ini ditayangkan di layar lebar atau di bioskop. Tapi dapat pula diputar dengan media lain.

5) drama wayang

Wayang sebenarnya termasuk dalam golongan drama. Aktornya adalah tokoh-tokoh wayang. Hanya bedanya dimainkan oleh dalang. Ada bentuk lain yaitu wayang orang. Aktornya orang.

6) drama boneka

Hampir sama dengan drama wayang, hanya bedanya tokoh digambarkan dengan boneka yang dimainkan oleh beberapa orang. Atau orangnya masuk ke dalam boneka tersebut. Contoh: Si Unyil


Demikian artikel Jenis Drama Berdasarkan Sarana. Semoga bermanfaat bagi kita semua, apabila ada yang ingin ditanyakan dan ada tambahan silakan berkomentar di kolom komentar di bawah. Untuk jenis drama yang selanjutnya saya akan bahas pada artikel selanjutnya. sekian terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jenis Drama Berdasarkan Sarana"

Post a Comment