Pengertian Afiksasi

Baca Juga

Pengertian Afiksasi - Indonesiaku Hallo sobat blogger semua, berjumpa lagi dengan saya sang guru bahasa Indonesia. Kali ini saya akan memberikan pembelajaran tentang morfologi lebih tepatnya afiksasi. Pelajaran kali ini saya akan membagikan pengertian dari afiksasi. Baiklah langsung saja kita belajar bersama-sama. Mari kita mulai.

Pengertian Afiksasi
Pengertian Afiksasi

►҉◄ PENGERTIAN AFIKSASI ►҉◄

Afiksasi  (pengimbuhan) merupakan, proses morfologis yang mengubah sebuah leksem menjadi kata setelah mendapat afiks yang dalam bahasa kita cukup  banyak jumlahnya. Dalam proses ini terlibat unsur-unsur (1) dasar atau bentuk dasar, (2) afiks, dan (3) makna gramatikal yang dihasilkan. Proses ini dapat bersifat inflektif dan dapat pula bersifat derivatif ( Abdul Chaer, 2008: 177). 

Afiksasi adalah proses yang mengubah leksem menjadi kata kompleks. Dalam proses ini, laksem (1) berubah bentuknya (2) menjadi kategori tertentu sehingga berstatus kata (atau apabila telah berstatus kata berganti kategori, (3) sedikit banyak berubah maknanya. Yang perlu dicatat dalam pembentukan kata kompleks dalam bahasa Indonesia adalah bahwa afiks-afiks itu membentuk satu sistem, sehingga kejadian kata dalam bahasa Indonesia merupakan rangkaian proses yang berkaitan.

Afiksasi atau pengimbuhan adalah proses pembentukan kata dengan mengimbuhkan afiks (imbuhan) pada bentuk dasar, baik bentuk dasar tunggal maupun kompleks. Misalnya mengimbuhahkan ber- pada bentuk dasar komunikasi menjadi berkomunikasi, buat menjadi berbuat, tanggungjawab menjadi bertanggung jawab, bekas menjadi berbekas, sepeda motor menjadi bersepeda motor. Pengimbungan meN- pada bentuk dasar coba menjadi mencoba, adu menjadi mengadu, pertanggungjawabkan menjadi mempertanggungjawabkan.

Afiksasi atau pengimbuhan sangat produktif dalam pembentukan kata, hal tersebut terjadi karena bahasa indonesia tergolong bahasa bersistem aglutinasi.  Sistem aglutinasi adalah proses dalam pembentukan unsur-unsurnya dilakukan dengan jalan menempelkan atau menambahkan unsur selainnya.

Demikian pembelajaran hari ini tentang Pengertian Afiksasi Semoga pembelajaran hari ini berguna untuk kita semua. Jika ada yang ditanyakan silakan mengirim ke email saya melalui menu contact us atau berkomentar di kolom bawah. cukup sekian terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Afiksasi"

Post a Comment