Abdullah bin Abdul Kadir Munsyi bukan sastrawan Indonesia

Baca Juga

Abdullah bin Abdul Kadir Munsyi bukan sastrawan Indonesia
Abdullah bin Abdul Kadir Munsyi bukan sastrawan Indonesia
Asslamu alaikum, selamat malam sobat. Tahukah kalian sastrawan Abdullah? Dia itu bukan sastrawan asli dari Indonesia loh. Dulu beliau di anggap sastrawan asal Indonesia tetapi sastrawan dari melayu. Benarkah itu? tidak percaya? baiklah silakan baca penjelasan singkat berikut ini mengenai sastrawan Abdullah.

Abdullah bin Abdulkadir Munsyi dilahirkan di Malaka pada tahun 1796. ia adalah seorang sastrawan melayu dari keturunan keluarga terpelajar. Ayahnya seorang narasumber, pakar bahasa Melayu dari Britania Raya. Munsyi adalah seorang keturunan Arab, tepatnya dari Yaman. Namun fakta menunjukkan Abdulkadir Munsyi sendiri adalah keturunan Tamil dan pandai berbahasa nenek moyangnya. Konon leluhurnya adalah seorang guru agama dan guru bahasa Arab yang sekian lama menetap di India Selatan. Karena itulah Abdullah bin Abdulkadir Munsyi beristrikan wanita keturunan Tamil.

Sebagai seorang sastrawan, Abdulkadir Munsyi dikenal suka menulis karya sastra yang penuh dengan nasehat dan pengajaran. Di antara karyanya yang terkenal yaitu Hikayat Abdullah dan Hikayat Panca Tanderan. Hikayat Abdullah bercerita tentang kondisi pada paruh pertama abad ke 19. Misalkan mengenai kota Malaka dan Singapura. Diceritakan juga tokoh - tokoh yang berpengaruh pada masa tersebut seperti John Stamford Raffles, Lord Minto, Farquhar dan Timmerman Thijssen. Selain itu ia banyak juga menceritakan perihal kehidupan sehari-hari bangsa Melayu kala itu. Adapun Hikayat Panca Tanderan bercerita tentang sebuah negeri di tanah Hindustan bernama negeri Padalipurwan. Negeri ini diperintah oleh Raja Sukadarma. 

Abdullah bin Abdulkadir Munsyi wafat di Jeddah pada tahun 1854.

Bagaimana sobat? sudah percaya kan? hehe baiklah memang sedikit yang dapat saya bagikan kepada kalian semua, tetapi semoga bermanfaat untuk kita semua. sekian dulu ya Wassalamu alaikum.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Abdullah bin Abdul Kadir Munsyi bukan sastrawan Indonesia"

Post a Comment