Analisis Sosok buku teks dengan empat sosok mengenali buku teks

Baca Juga

Pernah dapat tugas untuk menganalisis sosok buku teks? berikut akan saya contohkan cara analisis sosok buku teks dengan empat sosok mengenali buku teks. Buku yang saya analisis ini adalah buku teks kurikulum 2013 kelas X SMA yang belum direvisi. Ini merupakan tugas waktu saya kuliah dulu. Baiklah langsung saja saya berikan kepada kalian
Analisis Sosok buku teks dengan empat sosok mengenali buku teks
Bahasa Indonesia

1. Bahan Sajian

Dalam buku teks SMA kelas X bahwa materi yang diajarkan berisi materi yang berasal dari mata pelajaran yang lain. Seperti contoh mata pelajaran geografi.

1.1 Teori
1.2 Gagasan
1.3 Informasi

2. Pengorganisasian Bahan
3. Penyajian Bahan
4. Bahasa Yang Digunakan

4.1 Struktur Bahasa

Dalam buku teks SMA kelas X bahwa dalam penggunaan struktur bahasa/kalimat sudah sesuai dengan tingkat penguasaan bahasa dan tingkat perkembangan kognisi siswa. Hal ini terdapat dalam paragraf 1 dan paragraf 2 pada halaman 3. 

Penyampaian bahan pembelajaran dalam buku teks SMA kelas X menggunakan kalimat dengan mempertimbangkan kerumitan kalimat bagi anak-anak. Penyusunan buku dilakukan dengan memperhatikan :
1. kalimat sederhana
2. kalimat tunggal
3. kalimat majemuk setara
4. kalimat yang pendek
5. kalimat lengkap
6. kalimat biasa

Pada wacana “Makhluk Di Bumi Ini” paragraf kedua menggunakan kalimat yang panjang, namun masih dapat dipahami. Hal ini menunjukan tingkat kerumitan yang rendah. Misalnya untuk mencari subjek masih bisa menggunakan cara yang praktis dengan bertanya siapa kepada predikat. Begitupun predikat yang digunakan menandakan adanya perbuatan sesuai dengan tingkat pemahaman sederhana siswa.

4.2 Istilah
Dalam buku teks SMA kelas X terdapat istilah-istilah asing yang sulit dipahami oleh siswa. Hal ini terdapat dalam setiap bab yang dipelajari dalam buku teks. Istilah-istilah tersebut merupakan istilah-istilah dari mata pelajaran selain mata pelajaran bahasa Indonesia, hal itu memungkinkan siswa sulit memahaminya. Istilah tersebut berasal dari istilah biologi, dan bahasa inggris. 

4.3 Gaya Tulisan
Penggunaan bahasa yang tidak berbelit-belit dan langsung. Petunjuk belajar dan juga soal latihan mudah dipahami oleh siswa. Bahasa yang digunakan tidak terlalu panjang dalam penjelasannya, penjelasan dalam buku teks cenderung lebih sederhana, singkat, jelas dan padat, hal ini melihat dari kerumitan siswa untuk memahami buku teks tersebut.

4.4 Penyajian Bahasa
Dari segi penyajian, buku teks SMA kelas X bahwa materi yang disajikan mudah untuk dipahami siswa. Hal ini sama seperti gaya tulisan yang sebelumnya telah dijelaskan sebelumnya bahwa penggunaan bahasa yang tidak berbelit-belit dan langsung. Petunjuk belajar dan juga soal latihan mudah dipahami oleh siswa. 
Oleh karena itu penyajian buku teks dapat disimpulkan bahwa materi, petunjuk belajar, dan latihan yang disajikan dalam buku teks ini mudah dipahami oleh siswa karena bahasa yang digunakan tidak berbelit-belit dan lugas.

Itualah contoh Analisis Sosok buku teks dengan empat sosok mengenali buku teks. Jangan lupa tinggalkan komentar ya hehe

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Analisis Sosok buku teks dengan empat sosok mengenali buku teks"

Post a Comment