Pengertian Kurikulum 2006 ktsp

Baca Juga

Pengertian Kurikulum 2006 ktsp
Kurikulum 2006 ktsp
Assalamu alaikum wr.wb.

Selamat pagi sobat blogger, pagi ini saya akan memberikan suatu pengetahuan kepada kalian semua mengenai pengertian dari kurikulum KTSP. Kurikulum KTSP merupakan kurikulum berorientasi pada pencapaian kompetensi, oleh karena itu kurikulum KTSP merupakan penyempurnaan dari Kurikulum Berbasis Kompetensi atau yang kita kenal dengan KBK (kurikulum 2004). Ini dapat dilihat dari unsur yang melekat pada KTSP itu sendiri, yakni adanya standar kompetensi dan kompetensi dasar serta adanya prinsip yang sama dalam pengolaan kurikulum yakni yang disebur dengan Kurikulum Berbasis Sekolah (KBS).

PENGERTIAN KURIKULUM KTSP (KURIKULUM 2006)

Dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP Pasal 1, ayat 15), dijelaskan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. Penyusunan KTSP dilakukan oleh satuan pendidikan dengan memerhatikan dan berdasarkan standar kompetensi serta kompetensi dasar yang dikembangkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Kurikulum KTSP ini juga biasa disebut dengan kurikulum 2006. Kurikulum ini masih digunakan dalam pembelajaran ini, pada kurikulum ini siswa tidak terlalu aktif sehingga masih memerlukan peran guru yang lebih banyak.

Ada beberapa hal yang berhubungan dengan makna kurikulum operasional. Pertama, sebagai kurikulum yang bersifat opersional, maka dalam pengembangannya KTSP tidak akan lepas dari ketetapan-ketetapan yang telah disusun oleh pemerintah secara nasional. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 Ayat 1, yang menjelaskan bahwa pengembangan kurikulum mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional.

Kedua, sebagai kurikulum operasional, para pengembang KTSP dituntut dan harus memerhatikan ciri khas kedaerahan, sesuai dengan bunyi Undaang-Undang No. 20 tahun 2003 ayat 2, yaitu bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan dengan prinsip diservikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah dan peserta didik.

Ketiga, sebagai kurikulum operasional, para pengembang kurikulum di daerah memiliki keleluasaan dalam mengembangkan kurikulum menjadi unit-unit pelajaran.

Itulah sedikit ilmu mengenai pengertian kurikulum KTSP atau kurikulum 2006, semoga bermanfaat bagi kita semua. Sekian dulu artikel pagi ini.

Wassalamu alaikum wr. Wb.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Kurikulum 2006 ktsp"

Post a Comment