Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli Indonesia

Advertisement
Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli Indonesia - Indonesiaku Hallo sobat bloger berjumpa lagi dengan saya. ini merupakan artikel perdana saya. dalam artikel ini saya akan mengajarkan atau memberitahukan kepada kalian tentang pengertian kebudayaan menurut para ahli. Berikut beberapa pengertian kebudayaan menurut para ahli yang telah saya kutip dari beberapa buku. Baiklah silakan disimak.

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli Indonesia
Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli Indonesia
PENGERTIAN KEBUDAYAAN MENURUT PARA AHLI

1. Prof. Dr. Koentjaraningrat menyatakan bahwa kebudayaan adalah keseluruhan manusia dari kelakuan dan hasil kelakuan yang teratur oleh tata kelakuan yang harus didapatnya dengan belajar dan yang semuanya tersusun dalam kehidupan masyarakat.

2. Sultan Takdir Alisyahbana mengatakan kebudayaan adalah manifestasi dari cara berpikir.

3. Dr. Moh. Hattta, kebudayaan adalah ciptaan hidup dari suatu bangsa. 

4. Mangunsarkoro, kebudayaan adalah segala yang bersifat hasil kerja jiwa manusia dalam arti yang seluas – luasnya. 

5. Drs. Sidi Gazalba, kebudayaan adalah cara berpikir dan merasa menyatakan diri dalam seluruh segi kehidupan dari golongan manusia yang membentuk kesatuan sosial dengan suatu ruang dan suatu waktu. 

6. Ki Hajar Dewantara, kebudayaan berarti buah budi manusia adalh hasil perjuangan manusia terhadp dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusiauntuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran dalam hidup dan penghidupan guna mencapai keselamatan  dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.  

7. Arkeolog R. Seokmono, kebudayaan adalah keseluruhan hasil usaha manusia, baik berupa benda ataupun hanya berupa pikiran dan dalam hidup.    

8. Prof. M.M. djojodiguno dalam buku “Asas – asas Sosiologi (1958)”, kebudayaan/budaya adalah daya dari budi, yang berupa cipta, rasa, dan karsa.

o Cipta : Ilmu pengetahuan, yang bersumber dari pengalaman lahir dan batin.
o Karsa : Norma – norma keagamaan/kepercayaan, yang bersumber dari “sangkan (lahir) dan paran (mati)”.
o Rasa : Norma keindahan yang menghasilkan kesenian, yang bersumber dari keindahan dan menolak keburukan atau kejelekan.

Demikian artikel Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli Indonesia yang dapat saya sampaikan kepada kalian. Semoga bermanfaat bagi kita semua. jika ada tambahan silakan komentar di bawah agar pembaca yang lain dapat referensi yang lain dari blog ini. Sekian terima kasih
Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
author-photo Kang Didin

Saya hanyalah orang biasa yang menyukai blogging dan mencoba berbagi pengalaman dengan yang lain tentang blogging dan SEO. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
0 Blogger Comment
Facebook Comments
Terima kasih sudah berkomentar
Copyright © 2013. Wadahe Bahasa Indonesia - All Rights Reserved | Created by Kompi Ajaib Published by Ngonline06