Jenis-jenis Membaca Berdasarkan Aspek Kegiatan dan Aspek Bentuk

Baca Juga

Kegiatan Membaca
Jenis-jenis Kegiatan Membaca
Kegiatan membaca sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Kita memulai belajar membaca sejak kita bersekolah di PAUD atau TK. Belajar membaca pertama kali sebenarnya kita lakukan ketika kita dikenalkan orang tua kita tentang sesuatu entah itu benda mati atau benda hidup. Sejak belajar membaca kita tahukah apa saja jenis-jenis dari kegiatan membaca ini? tentunya kita tidak mengetahui apabila kita tidak mencari pengetahuan lebih jauh. Tapi tenang saja tidak usah pusing mencarinya, pada kesempatan ini saya akan membagikan ilmu tentang jenis-jenis dari kegiatan membaca. Kegiatan membaca di bagi menjadi dua aspek yaitu aspek kegiatan dan aspek Bentuk. Berikut penjelasannya.

A. Menurut Aspek kegiatannya

1. Membaca Keras
Membaca keras merupakan kegiatan membaca yang menekankan pada ketepatan bunyi, irama, kelancaran, perhatian terhadap tanda baca. Kegiatan membaca seperti ini disebut juga sebagai kegiatan “membaca teknis”.

2. Membaca dalam Hati
Membaca dalam Hati merupakan kegiatan membaca yang bertujuan untuk memperoleh pengertian, baik pokok-pokok maupun rincian-rinciannya. Secara fisik membaca dalam hati harus menghindari vokalisasi, pengulangan membaca, menggunakan telunjuk/petunjuk atau gerakan kepala.

3. Membaca Cepat
Yaitu membaca yang tidak menekankan pada pemahaman rincian-rincian isi bacaan, akan tetapi memahami pokok-pokoknya saja. Membaca ini dapat dilakukan dengan menggerkkan mata dengan pola-pola tertentu.

4. Membaca Rekreatif
Yaitu kegiatan membaca yang bertujuan untuk membina minat dan kecintaan membaca; biasanya bahan bacaab diambil dari cerpen dan novel.

5. Membaca Analitik
Yaitu kegiatan membaca yang bertujuan untuk mencari informasi dari bahan tertulis; menghubungkan satu kejadian dengan kejadian yang lain, menarik kesimpulan yang tidak tertulis secara eksplisit dalam bacaan.

B. Menurut Aspek Bentuknya

1. Membaca Intensif (Qira’ah Mukatsafah)
Yaitu membaca yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan utama dalam membaca dan memperkaya perbendaharaan kata serta menguasai qawaid yang dibutuhkan dalam membaca.

2. Membaca Ekstensif (Qira’ah Muwassa’ah)
Yaitu membaca yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman isi bacaan.

Bagaimana sekarang sudah mengetahui kan apa saja jenis-jenis dari kegiatan membaca? Apabila ada tambahan silakan berkomentar di bawah ya, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jenis-jenis Membaca Berdasarkan Aspek Kegiatan dan Aspek Bentuk"

Post a Comment