Perbedaan Menyimak, Mendengarkan dan Mendengar

Baca Juga

Bahasa Indonesia Pengertian Menyimak, Mendengarkan dan Mendengar
Bahasa Indonesia Pengertian Menyimak, Mendengarkan dan Mendengar
Hai, hai semuanya. Kalian tahu enggak apa sih perbedaan dari menyimak, mendengarkan dan mendengar itu? enggak tahu ya, oke deh kali ini saya akan memberi tahukan kepada kalian semua perbedaan dari ketiga kata tersebut. Kita akan memahami perbedaan dari ketiganya melalui pengertian dari setiap kata itu, berikut saya sajikan beberapa pengertian dari menyimak, mendengarkan dan mendengar dari beberapa ahli yang telah saya kumpulkan. Langsung saja kalian baca ya.

MENYIMAK :

1. Menurut Akhadiat (dalam Sutari dkk 1997:18-19) menyimak adalah  suatu  proses  yang  mencakup kegiatan  mendengarkan bunyi  bahasa, mengidentifikasi, menginterpretasi, dan mereaksi atas makna yang terkandung di dalamnya.
Sumber  : http://ptkguru.com/?darmajaya=index&daryono=base&action=listmenu&skins=1&id=288&tkt=2

2. Menyimak menurut Tarigan, adalah suatu proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta interpretasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi serta memahami makna komunikasi yang disampaikan oleh si pembicara melalui ujaran atau bahasa lisan.
Sumber : http://mbahbrata-edu.blogspot.com/2010/04/keterampilan-menyimak.html

3. Di dalam Kamus Umum Bahasa Indonesi (W. J. S. Poerwadarminta 1982 : 847) Menyimak adalah mendengarkan (mempertahankan apa yang diucapkan orang). Menyimak adalah latihan mendengarkan baik-baik.
Sumber : http://wawan-junaidi.blogspot.com/2011/11/definisi-menyimak.html

4. Menyimak adalah mendengar secara khusus dan terpusat pada objek yang disimak (panduan bahasa dan sastra Indonesia, Natasasmita Hanapi, Drs.; 1995: 18)
Sumber : http://diksatrasia.wordpress.com/2010/11/27/menyimak/

5. Menyimak adalah suatu proses yang mencakup kegiatan mendengarkan bunyi bahasa, mengidentifikasi, menginterpretasikan, dan mereaksi atas makna yang terkandung di dalamnya”. (Sabarti –at all: 1992).
Sumber : http://aristhaserenade.blogspot.com/p/keterampilan-menyimak.html

6. Menurut  Anderson
Menyimak sebagai proses besar mendengarkan, mengenal, serta menginterpretasikan lambing-lambang lisan.

7. Menurut  Russel&Russel 1959
Menyimak bermakna mendengarkan dengan penuh pemahaman dan perhatian serta apresiasi

8. Menurut Djago Tarigan
Menyimak dapat didefinisikan sebagai suatu aktifitas yang mencakup kegiatan mendengar dari bunyi bahasa, mengidentifikasi, menilik, dan mereaksi atas makna yang terkandung dalam bahan simakan

9. Menyimak pada hakikatnya adalah mendengarkan atau memahami bahan simakan. Karena itu dapatlah disimpulkan bahwa “tujuan utama menyimak adalah menangkap, memahami, atau menghayati pesan, ide, gagasan yang tersirat dalam bahan simakan” (Tarigan, 1991:4)

10. “Menyimak sebagai proses mendengarkan, mengenal, serta menginterpretasikan lambang-lambang lisan. Menyimak bermakna mendengarkan dengan penuh pemahaman dan perhatian serta apresiasi” (Anderson dalam Tarigan, 1987:28).

11. Mudjianto (2010:1) pernah menyatakan bahwa dalam aktivitas menyimak tersirat makna bahwa aktivitas ini dalakukan secar aktif, sadar dan sungguh-sungguh untuk menerima informasi dari sumber suara (bahasa lisan).

MENDENGARKAN :

1. Mendengarkan adalah merespon atau menerima bunyi secara disengaja. Memperhatikan dengan baik apa yang dikatakan oleh orang lain yang sudah mulai melibatkan unsur kejiwaan yang berarti aktivitas mental sudah muncul, hanya belum setinggi aktivitas menyimak.

2. Mendengarkan adalah sebuah tindakan  menyengajakan diri  untuk mendengar ( menurut Qobe [online,2010] )

3. Mendengarkan adalah suatu proses menangkap, memahami, mengingat dengan sebaik-baiknya apa yang di dengarkannya/sesuatu yang di katakan oleh orang lain/kepadanya (panduan bahasa dan sastra indonesia, Drs. Natasasmita Hanapi, 1995)

MENDENGAR :

1. Sutari, (1998: 16) menyimpulkan bahwa:
Mendengar mempunyai makna, dapat menangkap suara (bunyi) dengan telinga, sadar atau tidak. Kalau ada bunyi, alat pendengaran kita akan menangkap bunyi tersebut’. Proses mendengar terjadi tanpa perencanaan, tetapi datang secara kebetulan, mungkin juga tidak.
Sumber : http://egopadoma.blogspot.com/2010/12/bahan-ajar-menyimak-dalam-pembelajaran.html

2. Mendengar bermakna tidak sengaja, tidak aktif, dan tidak sungguh-sungguh (menurut Mudjianto, 2010:1)

3. Mendengar adalah aktifitas fisik di mana seseorang menerima suara melalui indera pendengaran ( menurut Qobe, online,2010 )

Nah, bagaimana sudahkah paham apa perbedaannya? kalau sudah ya bagus deh, kalau belum ya bisa di pahami lebih mendalam lagi, sekian ya artikel kali ini semoga bermanfaat ya, Terima kasih, see you next time.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Perbedaan Menyimak, Mendengarkan dan Mendengar"

Post a Comment