Macam-macam Negosiasi

Advertisement
Macam-macam Negosiasi
Macam-macam Negosiasi
Dalam bernegosiasi kita tahu tidak kalau negosiasi itu ada bermacam-macam? nah kalau memang kalian belum tahu, pada kesempatan kali saya akan membagikan macam-macam negosiasi. Berikut saya jelaskan.

Berdasarkan situasinya, negosiasi dapat dibagi menjadi dua, yaitu negosiasi formal dan negosiasi informal. Negosiasi formal biasanya dilakukan dengan suatu perjanjian khusus dan dapat melibatkan hokum. Negosiasi informal bisa terjadi dimana saja. Situasi dalam negosiasi informasi lebih santai daripada negosiasi formal.

#1 Negosiasi Formal
Negosiasi formal merupakan negosiasi yang terjadi dalam situasi formal. Ciri-ciri negosiasi formal adalah adanya perjanjian atau hitam di atas putih yang sah secara hokum. Berdasarkan perjanjian tersebut, kedua pihak dilindungi oleh hokum. Oleh karena itu, pelanggaran terhadap perjanjian yang telah disepakati dapat diperkarakan di ranah hokum. Contoh negosiasi formal adalah negosiasi kerja sama antardua perusahaan.

#2 Negosiasi Informal
Dalam kehidupan sehari-hari, manusia sering bernegosiasi. Negosiasi dapat terjadi di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja, misalnya negosiasi antara ayah dan anak. Sebagai contoh, seorang anak dilarang ayahnya bermain dengan temannya karena nilai rapornya buruk. Si anak meminta kepada ayahnya agar diizinkan kembali bermain dengan temannya. Si anak menjelaskan argumentasinya. Pada awalnya sang ayah tetap tidak membolehkannya. Namun, kesepakatan dicapai. Si anak boleh bermain dengan temannya kembali dengan beberapa syarat yang diajukan sang ayah. Negosiasi ini tidak membutuhkan perjanjian khusus yang melibatkan hokum.

Selain dilihat dari situasinya, negosiasi juga dapat dilihat berdasarkan untung ruginya. Berdasarkan untung rugi, negosiasi dibedakan menjadi empat. Keempat macam negosiasi tersebut adalah kolaborasi, dominasi, akomodasi dan menghindari konflik.
#1 Negosiasi Kolaborasi
Negosiasi kolaborasi menggabungkan kepentingan antarnegosiator. Negosiasi ini biasa disebut juga negosiasi win-win

#2 Negosiasi Dominasi
Dalam negosiasi dominasi, negosiator mendapatkan keuntungan besar dari kesepakatan yang dicapai. Sementara itu, pihak lawan negosiasi mendapatkan keuntungan yang lebih kecil. Negosiasi ini biasa disebut juga negosiasi Win-Lose.

#3 Negosiasi Akomodasi
Dalam negosiasi akomodasi, negosiator mendapatkan keuntungan sangat kecil bahkan mengalami kerugian. Sementara itu, pihak lawan mendapatkan keuntungan lebih besar bahkan memperoleh 100% keuntungan. kerugian ini disebabkan oleh kegagalan negosiator dalam bernegosiasi sehingga ia tidak memperoleh keuntungan. Negosiasi ini disebut juga negosiasi lose-win.

#4 Negosiasi Menghindari Konflik
Dalam negosiasi ini, kedua negosiator menghindari konflik yang muncul. Akibatnya, kedua pihak tidak bersepakat untuk menyelesaikan konflik.

Nah, sekarang bagaimana sudah tahu kan? Semoga pengetahuan di atas bermanfaat bagi kita semua.
Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
author-photo Imanuddin Akhmad Al Islami

Saya hanyalah orang biasa yang menyukai blogging dan mencoba berbagi pengalaman dengan yang lain tentang blogging dan SEO. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
0 Blogger Comment
Facebook Comments
Terima kasih sudah berkomentar
Copyright © 2013. Wadahe Bahasa Indonesia - All Rights Reserved | Created by Kompi Ajaib Published by Ngonline06