Pengertian Negosiasi Menurut Para Ahli

Baca Juga

Pengertian Negosiasi Menurut Para Ahli
Pengertian Negosiasi Menurut Para Ahli
Pernahkah Anda mendengar kata negosiasi? tentunya kita semua sudah pernah mendengar kata negosiasi di kehidupan sehari-hari. Negosiasi merupakan suatu kata serapan dari bahasa Inggris “Negotiate” yang mempunyai arti merundingkan. Berikut ini saya akan memberikan beberapa pengertian yang saya kutip dari beberapa kamus dan juga menurut para ahli. Silakan untuk dibaca dan beberapa pengertian ini silakan kalian kutip juga untuk memenuhi tugas-tugas kalian semua.

SIAPA SAJA SIH AHLI YANG MERUMUSKAN PENGERTIAN NEGOSIASI?

Untuk menjawab pertanyaan di atas silakan kalian baca di bawah ini.

#1 Menurut Jaqueline M. Nolan-Haley bahwa Negosiasi dapat diartikan secara umum sebagai konsensual dari proses penawaran antara para pihak untuk mencapai suatu kesepakatan tetang suatu sengketa atau sesuatu hal yang berpotensi menjadi sengketa.

#2 Menurut Suyud Margono, Negosiasi yaitu suatu proses konsensus yang digunakan para pihak untuk memperoleh kesepakatan di antara mereka.

#3 Negosiasi menurut H. Priyatna Abdurrasyid yaitu suatu cara di mana individu berkomunikasi satu sama lain mengatur hubungan mereka dalam bisnis dan kehidupan sehari-harihnya atau Proses yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan kita ketika ada pihak lain yang menguasai apa yang kita inginkan.

#4 Dalam Bab I Ketentuan Umum UU No. 30 tahun 1999 tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaiaan Sengketa, Pasal 1 butir 10, disebutkan bahwa ADR adalah lembaga penyelesaian sengketa atau beda pendapat melalui prosedur yang disepakati oleh para pihak, Dalam praktik yakni penyelesaian dengan cara konsultasi, negosiasi, mediasi, konsolidasi, atau penilaian ahli.

Negosiasi dapat didefinisikan sebagai pembicaran dengan orang lain dengan maksud untuk mencapai kompromi atau kesepakatan untuk mengatur atau mengemukakan. Istilah-istilah lain kerap digunakan pada proses ini seperti : pertawaran, tawar-menawar, perundingan, perantaraan atau barter.

#5 Menurut Hartman menjelaskan bahwa negosiasi yaitu suatu proses komunikasi antara dua pihak yang masing-masing mempunyai tujuan dan sudut pandang mereka sendiri, yang berusaha mencapai kesepakatan yang memuaskan kedua belah pihak mengenai masalah yang sama.

#6 Menurut Oliver, negosiasi yaitu sebuah transaksi dimana kedua belah pihak mempunyai hak atas hasil akhir. Hal ini memerlukan persetujuan kedua belah pihak sehingga terjadi proses yang saling memberi dan menerima sesuatu untuk mencapai suatu kesepakatan bersama.

#7 Menurut Fisher R dan William Ury, Negoisasi yaitu komunikasi dua arah dirancang untuk mencapai kesepakatan pada saat keduabelah pihak memiliki berbagai kepentingan yang sama atau berbeda.

Dari beberapa pengertian di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa Negosiasi yaitu suatu kegiatan tawar-menawar yang timbul dari proses yang dilakukan oleh dua pihak dengan beberapa unsur, perbedaan dan keinginan untuk berunding. Selain itu negosiasi dapat diartikan suatu kegiatan yangditimbulkan oleh keinginan untuk memenangkan kemauan atau kepentingan pribadi karena terhambat oleh kepentingan pihak lain atau adanya pemikiran bertolak belakang.

Nah saya telah memberikan beberapa pengertian dari beberapa ahli, apakah kalian sudah memahami apa itu negosiasi? Jika masih kalian masih mengalami kebingungan yang mendalam silakan tanyakan saja di kolom komentar di bawah postingan ini. Sekian yang dapat saya bagikan kepada kalian semua. Terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Negosiasi Menurut Para Ahli"

Post a Comment