Bentuk-bentuk dalam Kegiatan Debat

Baca Juga

Pernahkan kalian melakukan debat? Tahukah kalian perngertian dari debat? Kalau belum tahu kalian bisa membacanya di artikel berikut ini pengertian debat menurut para ahli. Nah setelah kalian mengetahui dan memahami apa itu arti atau maksud dari debat, kalian harus mengetahui Bentuk-bentuk dari debat.

Bentuk-bentuk Debat

Debat sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Entah itu dari anak kecil sampai orang dewasa, pasti mereka pernah melakukan kegiatan debat. Debat dipergunakan untuk memperoleh suatu keinginan dari setiap individu. Namun debat dalam pembelajaran berbeda, debat dalam pembelajaran hanya untuk mempertahankan pendapat atau ide dari setiap individu atau kelompok.

APA SAJA SIH BENTUK-BENTUK DARI DEBAT? 

Bentuk debat dapat kita pahami sebagai berikut bahwa bentuk dari debat ada dua yaitu debat Inggris dan debat Amerika.

#1 Debat Inggris
Debat Inggris ini biasa digunakan pada pembelajaran di sekolah. Selain itu debat Inggris ini cocok digunakan oleh guru untuk mengajarkan pembelajaran pada materi yang lain.

Dalam debat Inggris ada dua kelompok yang berhadapan yaitu kelompok pro dan kelompok kontra. Sebelum debat dimulai, ditentukan dua pembicara dari setiap kelompok. Tema dan nama para pembicara diperkenalkan kepada para pendengar sebelumnya. Pada awal debat pemimpin menjelaskan secara singkat tata tertib debat, tetapi dia tidak berbicara tentang isi tema. Moderator hanya bertanggung jawab bahwa setiap pihak menyampaikan pendapat dan posisinya atas cara yang wajar dan pada akhir debat mengorganisasi pemungutan suara untuk menentukan pemenang.

#2 Debat Amerika
Debat Amerika ini biasa digunakan dalam perlombaan debat. Cocok sekali bentuk debat ini digunakan untuk mengadakan lomba debat.

Dalam debat Amerika juga terdapat dua regu atau kelompok berhadapan. Akan tetapi tiap-tiap regu menyiapkan tema melalui pengumpulan bahan secara teliti dan penyusunan argumentasi yang cermat. Para anggota kelompok debat ini adalah orang-orang yang terlatih dalam seni berbicara. Mereka berdebat di depan sekelompok juri dan publik.

Debat dimulai apabila salah seorang anggota regu membuka pembicaraan dengan mengemukakan tesis dan dijawab oleh pembicara pertama dari regu yang kedua. Proses selanjutnya berlangsung apabila setiap anggota regu berbicara dalam urutan yang bergantian dengan anggota regu lain. Semua anggota dari kedua regu mendapat kesempatan untuk berbicara. Setiap pembicara harus menyampaikan pandangannya mengenai tema dan tesis yang diperdebatkan.

Nah itu tadi penjelasan sedikit tentang bentuk-bentuk dari debat. Semoga apa yang saya bagikan dapat membantu kalian mengerjakan tugas atau dapat memberikan pengetahuan baru mengenai debat. Dan terima kasih telah berkunjung di blog saya yang sederhana ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bentuk-bentuk dalam Kegiatan Debat"

Post a Comment