Isi Puisi Terima kasih Guru Karya Chairil Anwar

Baca Juga

Hallo sobat, kali ini kita akan membahas mengenai isi puisi dari Chairil Anwar yang berjudul "Terima kasih Guru", nah saya akan memberikan sedikit penjelasan isi dari puisi tersebut. Selamat membaca....


Berikut puisinya....
Terima kasih, guru

Terima kasih, guru
Untuk teladan yang telah kau berikan
Aku selalu mempertimbangkan semua yang kau ajarkan
Dan merefleksikan itu semua pada karakter dan pribadiku

Aku mau menjadi sepertimu
Pintar, menarik, dan gemesin,
Positif, percaya diri, protektif

Aku mau menjadi sepertimu
Berpengetahuan, pemahaman yang dalam
Berpikir dengan hati dan juga kepala
Memberikan kami yang terbaik
Dengan sensitif dan penuh perhatian

Aku mau menjadi sepertimu
Memberikan waktumu, energi dan bakat
Untuk meyakinkan masa depan yang cerah
Pada kita semua.

Terima kasih, guru
Yang telah membimbing kami
Aku mau menjadi sepertimu



(Chairil Anwar)

berikut penjelasan mengenai isi dari puisi di atas...

Pernahkah kalian mengucapkan terima kasih kepada guru kita? Dalam puisi di atas menjelaskan bahwa guru merupakan orang tua kita di sekolah, ia mengajarkan kita mengenai ilmu pengetahuan, kedisiplinan, tanggung jawab dan sikap lainnya. Untuk itu kita harus berterima kasih kepadanya karena guru berperan juga sebagai orang tua kita. Namun jangan lupakan berterima kasih juga kepada orang tua kita. 

Selain itu seorang guru juga merupakan pahlawan tanpa tanda jasa, seseorang yang secara ikhlas mengajarkan kepada anak - anak. Bersedia mencerdaskan generasi muda bangsa kita bangsa Indonesia. Perjuangan seorang guru sungguh lah besar bagi bangsa, namun bangsa kita belum menyadari kalau perjuangan seorang guru itu seperti perjuangan seorang pahlawan. Guru berjuang di bidang pendidikan, seorang pahlawan bangsa berjuang di bidang membela negara dari bangsa asing yang menjajah. 

Kita sebagai anak didik seorang guru kalian harus menghargai seorang guru karena guru kita itu adalah orang tua kita di sekolah. Menjadi orang tua sepantasnya kita harus menghargai dan menghormatinya. Berikut puisi mengenai terima kasih kita kepada guru yang mengajarkan kita di sekolah.

Demikian isi dari puisi “Terima Kasih Guru” semoga dengan membaca puisi di atas kita sadar bahwa seorang guru itu harus dihormati dan disayangi seperti halnya kita menghormati dan menyayangi orang tua kita. Guru merupakan orang tua kita namun berbeda lingkungan, guru juga mengajarkan kita tentang sikap tanggung jawab, disiplin, jujur dan lain-lain.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Isi Puisi Terima kasih Guru Karya Chairil Anwar"

Post a Comment