Pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis Teks Eksposisi

Baca Juga

Pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis Teks Eksposisi - Halo sobat wadahe Bahasa Indonesia berjumpa lagi dengan saya. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit illmu pengetahuan mengenai Pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis Teks Eksposisi. Artikel ini saya buat semata-mata untuk membagikan ilmu kepada kalian semua. Nah saya akan menjelaskan tentang Pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis Teks Eksposisi. Baik kita simak dan pahami bersama Pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis Teks Eksposisi itu apa saja?
Pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis Teks Eksposisi
Pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis Teks Eksposisi

Pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis Teks Eksposisi
#1 Pengertian Teks Eksposisi
Kata eksposisi memiliki beberapa pengertian. Kata eksposisi sendiri berasal dari bahasa latin "expotition" yang berarti memberitahukan, memaparkan, menjelaskan, atau menguraikan. Eksposisi merupakan paparan yang bertujuan memberi tahu atau menerangkan sesuatu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, eksposisi berarti uraian atau paparan yang bertujuan menjelaskan maksud dan tujuan dalam karangan. Eksposisi ditulis dalam paragraf berarti paragraf tersebut bertujuan memberitahu, menjelaskan, memaparkan, atau menerangkan sesuatu kepada pendengar atau pembaca.

Selain itu pengertian teks eksposisi menurut Gorys Keraf, eksposisi adalah salah satu jenis teks atau keterampilan bahasa secara efektif yang berusaha untuk menerangkan dan menguraikan suatu pokok pikiran. Eksposisi dapat memperluas pandangan atau pengetahuan seseorang yang membaca uraian tersebut.

Pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis Teks Eksposisi
#2 Ciri-ciri Teks Eksposisi
Adapun ciri-ciri dari teks eksposisi sebagai berikut
a. Penulis teks berusaha menjelaskan suatu pokok persoalan secara objektif, tidak ada unsur-unsur yang bersifat subjektif dan emosional. Penulis sama sekali tidak berusaha membangkitkan emosi pembaca.
b. Gaya penulisan bersifat informatif. Penulis menguraikan objek dengan jelas sehingga pembaca memahami maksud dari teks eksposisi. Penulis teks eksposisi ingin menambah pengetahuan pembaca dan memberi informasi yang menerangkan sejelas-jelasnya tentang hal yang dipaparkan.
c. Teks memuat fakta yang terdapat di lapangan. Fakta tersebut dipakai sebagai penyumbang utama dalam membuat rumusan agar hal yang disampaikan lebih konkret.

Bentuk eksposisi atau paparan memiliki tujuan ingin memberi penjelasan atau keterampilan bentuk eksposisi juga bertujuan mengembangkan gagasan penulis. Paparan akan semakin jelas dengan menyertakan gambar, denah, dan angka-angka.

Pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis Teks Eksposisi
#3 Jenis-jenis Teks Eksposisi
Menurut Gorys Keraf jenis teks eksposisi sebagai berikut.
a. Eksposisi Definisi
b. Eksposisi Identifikasi
c. Eksposisi Perbandingan atau Pertentangan
d. Eksposisi Ilustrasi
e. Eksposisi Klasifikasi
f. Eksposisi Analisis

Pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis Teks Eksposisi

Nah, demikian sedikit materi tentang Pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis Teks Eksposisi. Jika ada pertanyaan silakan berkomentar di bawah (kolom komentar). Semoga materi di atas bermanfaat bagi kita semua, jangan lupa membaca artikel lain di blog ini ya...terima kasih sudah berkunjung

Pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis Teks Eksposisi, Pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis Teks Eksposisi, Pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis Teks Eksposisi,Pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis Teks Eksposisi, Pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis Teks Eksposisi, Pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis Teks Eksposisi, Pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis Teks Eksposisi, Pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis Teks Eksposisi,Pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis Teks Eksposisi, Pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis Teks Eksposisi, Pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis Teks Eksposisi

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis Teks Eksposisi"

Post a Comment