Pengertian Pewara, Protokol, dan Protokoler

Advertisement
Pengertian Pewara, Protokol, dan Protokoler - Hallo sobat wadahe bahasa, kali ini saya akan membagikan sebuah artikel tentang Pengertian Pewara, Protokol, dan Protokoler. Artikel ini saya kutip dari tugas dulu sewaktu masih kuliah. Mari kita belajar bersama-sama.

Pengertian Pewara, Protokol, dan Protokoler-Secara leksikal pewara artinya pembaca berita (wara = berita). Dan kalau menurut singkatan arti pe-wara adalah pembawa acara. Jadi pewara merupakan suatu tugas yang dibebankan kepada seseorang oleh protokoler untuk membawakan atau membacakan skenario acara yang telah disusunnya berdasarkan susunan acara yang diberikan protokoler kepadanya.
Pengertian Pewara, Protokol, dan Protokoler
Pengertian Pewara, Protokol, dan Protokoler
Istilah-istilah lain untuk pewara antara lain: MC (Mastre of Ceremony) apabila acara yang dibawakannya bersifat resmi atau seremonial, CM (Comercial Master) jika menawarkan suatu produk, EM (Entertaiment Master) jika ia menyuguhkan acara hiburan, QM (Quest Master) apabila ia memimpin suatu acara kuis. Jadi WJS Poerwadarminta dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia Mengartikan pembawa acara sebagai penyaji acara, penyampai acara, dan pengantar acara.

Dalam kegiatan-kegiatan resmi sering pula kita dengar istiah protokol. Protokol secara leksikal (menurut bahasa Yunani) berasal dari kata protos dan kolla. Protos berarti yang pertama, kolla artinya lem atau perekat. Pada awalnya istilah protokol digunakan bagi lembaran pertama dari suatu gulungan papirus. Kemudian istilah protokol digunakan untuk menyebut seluruh gulungan papirus yang membuat dokumen negara yang bersifat nasional, internasional, bahkan lokal.

Pengertian protokol ternyata berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Sehingga istilah protokol sekarang diartikan:

  • Sebagai dokumen yang berisikan tata cara penyambutan tamu (nasional, internasional serta daerah atau lokal).
  • Sebagai pemberian servis atau layanan kepada pimpinan atau tamu atau publik dalam acara atau kegiatan resmi.
  • Sebagai tolok ukur bagi daerah atau unit kerja dalam menyelenggarakan acara atau kegiatan resmi.

Di samping itu ada lagi istilah protokoler, yakni semua orang yang mengatur kelangsungan suatu acara, dan merupakan tulang punggung dari penyelenggaraan suatu acara atau upacara. Jadi protokolerlah yang menetapkan tata cara penyelenggaraan suatu acara resmi. Sedangkan pewara hanyalah bagian dari keprotokoleran yang ditugasi membacakan atau membawakan acara resmi waktu itu.

Demikian artikel Pengertian Pewara, Protokol, dan Protokoler, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa kritik dan sarannya di kolom komentar.

Pengertian Pewara, Protokol, dan Protokoler, Pengertian Pewara, Protokol, dan Protokoler, Pengertian Pewara, Protokol, dan Protokoler, Pengertian Pewara, Protokol, dan Protokoler, Pengertian Pewara, Protokol, dan Protokoler, Pengertian Pewara, Protokol, dan Protokoler, Pengertian Pewara, Protokol, dan Protokoler, Pengertian Pewara, Protokol, dan Protokoler, Pengertian Pewara, Protokol, dan Protokoler, Pengertian Pewara, Protokol, dan Protokoler.
Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
author-photo Imanuddin Akhmad Al Islami

Saya hanyalah orang biasa yang menyukai blogging dan mencoba berbagi pengalaman dengan yang lain tentang blogging dan SEO. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
0 Blogger Comment
Facebook Comments
Terima kasih sudah berkomentar
Copyright © 2013. Wadahe Bahasa Indonesia - All Rights Reserved | Created by Kompi Ajaib Published by Ngonline06